Ini Gambaran Pembatas Jalan Modern Yang Ingin Diterapkan Ridwan Kamil

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

KULIPENA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menerapkan sistem pembatas jalan modern seperti yang dilakukan oleh Malaysia dengan menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh Korea. Lalu seperti apakah Barierr atau pembatas jalan tersebut dan jalan mana saja yang akan dipasang nantinya.

Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil menyatakan pemasangan ini demi keselamatan pengendara saat terjadi insiden dijalan raya terutama jalan bebas hambatan/tol. Dengan teknologi yang sudah dikembangkan seperti dijalan protokol Malaysia memang dinilai jauh lebih aman ketika terjadi benturan karena material pembatas jalan yang mirip botol ini bisa berputar dan lebih kuat dalam menahan benturan.

Pagar Pembatas yang mirip dengan tong ini memiliki tabung silinder yang bisa berputar. Pagar mengubah energi tabrakan linear menjadi energi rotasi sehingga mobil menjadi melipir kesamping ketimbang terus ke depan. Seperti dilansir highways.today, teknologi pembatas jalan ini menggunakan besi dan roller sebagai komponen utamanya, saat terjadi benturan/kecelakaan, sistem pembatas roller tersebut akan menyerap energi benturan, dan mengubah energi tersebut menjadi energi rotasi, yang kemudian mendorong kendaraan, kembali ke jalurnya.

Roller-nya sendiri terbuat dari serat polymer, Ethylene-Vinyl Acetate (EVA), yang kuat dan diklaim punya daya serap kejut yang baik. EVA juga diklaim memiliki fleksibilitas dan elastisitas yang unggul dibandingkan bahan vinil polietilen lain.

Teknologi ini memang lebih aman dibanding menggunakan pembatas konvensional yang terbuat dari beton/baja karena energi benturan tidak terserap/tersalurkan  dengan baik.

 

 

Share.

About Author

Leave A Reply