Inilah Penyebab Kenapa Jumlah Subscriber di Chanel Youtube Anda Berkurang Drastis

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

KULIPENA – Bagi anda yang lagi seneng-senengnya bermain Youtube baik sekedar hoby atau memang serius untuk menambah pundi-pundi uang dari hasil online mungkin kaget karena jumlah pelanggan atau subscriber di chanel anda tidak tetap bahkan ada yang berkurang drastis. Lalu apa penyebab jumlah subscriber di chanel Youtube anda berkurang drastis?

Setelah admin mencoba cari tahu alasan atau penyebabnya ternyata dari pihak Youtube sendiri sudah memberi peringatan tentang hal tersebut. Ada bebeapa faktor yang memang menjadi penyebab kenapa jumlah subscriber di chanel Youtube anda tidak stabil atau terjadi penurunan yang cukup drastis. Coba anda perhatikan pada saat kita membuka chanel Youtube kita terutama pada bulan Desember 2018 diatas ada peringatan yang berbunyi ” Pada tanggal 13-14 Desember 2018, Anda mungkin melihat penurunan jumlah subscriber secara signifikan karena kami menghapus spam dari channel Anda. Pelajari lebih lanjut

Bagi kita yang merasa tidak melakukan kecurangan terutama dalam mendapatkan subscriber atau pelanggan tentunya peringatan diatas tidak perlu dikhawatirkan namun bagi sebagian yang mungkin menggunakan jasa pihak ketiga atau spam/scam tentunya hal ini menjadi masalah besar karena dengan jelas pihak Youtube akan menertibkan atau menghapus jumlah subscriber yang berasal dari spam/scam.

Jika pada umumnya jumlah pelanggan Anda mengalami fluktuasi, itu hal yang normal. Tapi jika jumlah pelanggan Anda tampaknya berubah atau berkurang, bisa jadi itu disebabkan oleh beberapa alasan seperti yang diutarakan oleh Pihak Youtubue seperti dibawah ini :

  • Penonton melakukan subscribe dan unsubscribe pada channel seperti biasa, (penyebab fluktuatif).
  • Kami telah menghapus subscriber spam dari channel Anda.
  • Kami telah menghapus akun yang ditutup dari channel Anda (Ini adalah akun yang ditutup oleh pengguna, atau dihentikan oleh YouTube karena melakukan pelanggaran kebijakan.)

Jika tingkat fluktuasi jumlah subscriber terlihat tidak normal, hal ini mungkin disebabkan oleh masalah yang telah diketahui. Jika Anda mengalami masalah tingkat fluktuasi jumlah subscriber yang tidak normal, maka anda bisa melaporkan masalah kepada pihak Youtube.

Menghapus akun yang ditutup & subscriber spam

Apa itu akun yang ditutup dan subscriber spam?

  • Akun yang ditutup: Ini adalah akun yang ditutup oleh pengguna, atau dihentikan oleh YouTube karena melakukan pelanggaran kebijakan.
  • Subscriber spam: Subscriber yang diperoleh melalui sarana buatan, seperti pembelian subscriber melalui layanan pihak ketiga.

Pihak Youtube menjelaskan bahwa secara berkala terus melakukan verifikasi keabsahan akun dan tindakan di channel YouTube Anda. Ini adalah  untuk memastikan bahwa metrik di situs resmi Youtube terbebas dari spam, penyalahgunaan, serta akun yang ditutup, agar YouTube tetap menjadi tempat yang adil bagi semua penggunanya.

Hal ini tentunya menjadi sangat penting bagi Anda untuk menjaga validitas jumlah subscriber, untuk memastikan bahwa peningkatan jumlah subscriber terjadi karena Anda membangun komunitas dari penggemar sejati, yang akan terus menonton dan mendukung Anda.

Pihak Youtube pun dengan tegas untuk Akun yang ditutup serta subscriber yang teridentifikasi sebagai spam tidak akan disertakan dalam penghitungan jumlah total subscriber, dan tidak akan ditampilkan di daftar subscriber Anda. Karena ini adalah tindakan buatan, menghapusnya tidak memengaruhi penayangan atau waktu tayang.

Mendapatkan Subscriber melalui berbagai cara buatan

Demi menjaga kelangsungan chanel Youtube sebaiknya  kita mengembangkan chanel harus dilakukan dengan cara-cara kreatif dan menciptakan konten berkualitas yang menarik penonton untuk subscribe, bukan melalui pertukaran buatan atau terkoordinasi.

Bahkan mungkin diantara kita pernah melakukan penawaran untuk subscribe ke channel kreator lain sebagai pertukaran untuk subscribe ke channel Anda, juga disebut “Sub4Sub”, itu juga ternyata tidak diperbolehkan. Bagi anda  yang menawarkan pertukaran seperti ini berisiko kehilangan jumlah subscriber, menerima teguran Persyaratan Penggunaan, atau bahkan chanelnya akan dihentikan/ditutup.

Selain itu, layanan yang mencoba meningkatkan jumlah subscriber YouTube melalui cara otomatis atau marketplace, juga dinilai melanggar Persyaratan Layanan seperti contohnya dibawah ini :

  • Membeli subscriber dari situs pihak ketiga
  • Pertukaran dan layanan “Sub4Sub” dari situs web pihak ketiga yang membuat Anda subscribe ke beberapa chanel, lalu chanel tersebut subscribe juga ke chanel Anda.

Itulah beberapa alasan mengenai penyebab kenapa jumlah subscriber/pelanggan pada chanel Youtube anda mengalami fluktuatif atau bahkan penurunan jumlah yang drastis. Coba anda pelajari dan ingat-ingat berangkali ada beberapa tindakan yang melanggar atau tidak sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pihak Youtube itu sendiri.

Kalau anda serius ingin mengembangkan chanel Youtube tentunya cara-cara yang kreatif dan baik harus menjadi dasar agar lebih bermanfaat dan pasti diikuti banyak subcriber/pelanggan setia karena merasa terhibur atau mendapatkan manfaat lebih apabila melihat setiap tayangan pada video yang anda upload di chanel tersebut. Selamat berkarya dan tetap semangat tanpa harus melanggar aturan.

Share.

About Author

Leave A Reply