Jumlah Korban Jiwa Akibat Gempa Palu Sudah Mencapai 405 Orang

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

KULIPENA – Korban meninggal dunia akibat Gempa Palu sampai dengan Minggu (30/9/2018) mencapai 405 orang. Jumlah tersebut baru dari kota Palu belum termasuk Donggala dan Sigi.

“Korban meninggal 405 orang, dari tim DVI (Disaster Victim Identification). Masih banyak lagi yang belum teridentifikasi,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho kepada media Minggu (30/9/2018).

Selain korban meninggal BNPB juga mencatata sekitar 540 orang terluka dan dalam penanganan medis serta terdapat 17.000 orang pengungsi tersebar di sekitar 50 titik pengungsian di kota Palu. Menurut Sutopo kemungkinan besar jumlah korban akan terus bertambah mengingat masih banyak reruntuhan hotel, gedung, serta rumah yang berlum terjamah karena kesulitan mengerahkan alat berat akibat banyaknya akses jalan yang rusak berat akibat gempa.

Tim Satgas Khusus kini masih berupaya untuk pencarian, penyelamatan serta penanganan bagi para pengungsi di Pali, Donggala dan Sigi serta wilayah lainya yang terkena dampak gempa dengan kekuatan 7,4 SR yang terjadi pada hari Jumat, (28/9/2018).

Rencananya Presiden Joko Widodo akan mengunjungi korban gempa Palu pada hari ini (Minggu, 30/9/2018). Pemerintah pun sudah melaksanakan rapat khusus untuk penanganan bencana akibat Gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala.

 

 

Share.

About Author

Leave A Reply